Jumat, 16 Agustus 2019

Ibu Kota Baru, Indonesia Maju! - Sebuah Artikel Harapan untuk Ibu Kota Baru

      Halo, sobat setanah air. Beberapa waktu yang lalu, kita digemparkan dengan adanya wacana pemindahan ibukota baru oleh presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo. Hal ini dapat dikaitkan dengan keadaan ibu kota Indonesia sekarang yang sudah tidak memadai lagi. Permukaan tanah semakin menurun, kemacetan di mana-mana, polusi menghadang, tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia benar-benar di dalam keadaan yang sangat tidak menguntungkan. Sekarang, apa harapan saya dengan dipindahkannya ibu kota Indonesia ke wilayah lain?

1. Udara Jakarta Bersih Kembali
   Udara sebagai salah satu komponen terpenting di dalam kehidupan sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup, terutama manusia. Udara yang bersih  cenderung menyehatkan dan yang paling dibutuhkan. Beberapa tahun belakangan, DKI Jakarta  selalu mengalami polusi udara yang disebabkan oleh banyak faktor sehingga tidak baik untuk orang-orang di sekitarnya. Saya harap dengan adanya pemindahan ibu kota dapat membuat udara Jakarta bersih kembali dan tidak hanya bertahan secara temporal.

2. Kepadatan Penduduk Dapat Diatasi
   Sebagai informasi, penduduk Indonesia 57% bermukim di Pulau Jawa. Laju urbanisasi yang tinggi, menyebabkan banyak yang berpindah ke ibu kota dengan alasan ingin mencari nafkah. Namun, faktanya hal tersebut cenderung membuat Jakarta sebagai ibu kota mengalami peningkatan jumlah penduduk dan akibatnya padat akan penduduk saja. Hal ini dapat memicu jumlah pemukiman kumuh dan jumlah pengangguran yang tidak terkendali. Saya berharap agar kepadatan penduduk dapat diatasi dan terjadi pemerataan ekonomi secara berkala dengan terealisasinya pemindahan ibu kota.

3. Infrastruktur Merata
   Siapa yang tidak ingin wilayahnya memiliki infrastruktur yang baik? Infrastruktur menunjukkan kemajuan suatu wilayah. Namun, di Indonesia pembangunan infrastruktur hanya terpusat ke ibu kota (DKI Jakarta) sedangkan wilayah-wilayah lain pembangunan infrastruktur tidak terlaksana secara merata. Harapan saya, pemerintah dapat memindahkan ibu kota ke tempat yang infrastrukturnya terbilang kurang maju dibandingkan wilayah-wilayah lain dan diputuskan melalui pengkajian lebih lanjut. Dengan begitu infrastruktur akan dapat dibangun secara merata dan Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju kemudian.

  Ayo, Indonesia! Kita bisa!

0 komentar:

Posting Komentar